MUSIC

68 tahun NKRI

Bingung mencari biola yang cocok buat anda? sedangkan anda masih awam tentang dunia perbiolaan?

Pada dasarnya biola itu dapat dibagi menjadi 2 tipe menurut fungsi dan tujuannya yaitu; Student Violin dan Professional Violin. Student Violin merupakan biola yang memang dikhususkan untuk pemula atau disini bisa kita sebut dengan istilah Student (Pelajar) sedangkan Profesional Violin dikhususkan untuk mereka yang sudah serius berkarir di bidang biola. Perbedaan yang mendasar dari kedua tipe biola ini dari harga yang harus ditebus untuk membelinya. Professional Violin harganya memang agak mahal dibandingkan Student Violin karena bahan kayu dan cara pembuatannya sangat berkualitas.

Tapi mengapa kedua tipe biola ini harus dibedakan? Apa anda masih belum pantas untuk membeli biola yang lebih mahal? sedangkan anda punya uang lebih? 

Belajar biola itu pada dasarnya susah dan butuh kesabaran ekstra. Biasanya butuh kurang lebih 4 tahun untuk menguasai alat musik ini. Banyak sekali orang-orang yang awalnya ingin belajar biola tetapi menyerah di tengah jalan sehingga biola yang dibeli menjadi terbengkalai dan berdebu di pojok ruangan sebagai hiasan. Hal inilah yang membuat saya lebih menyarankan untuk membeli biola pemula yang lebih murah dulu agar biola tersebut tidak terlalu β€œmubazir” jika kalian menyerah.

Tapi anda sudah bertekad kuat dan tidak akan menyerah walaupun butuh 4 tahun belajar biola? Tidak apa-apa kan kalau langsung beli biola yang profesional?

Oke tidak apa-apa jika anda mempunyai uang yang cukup untuk membeli biola mahal. Hal tersebut sebenarnya kembali lagi dengan keadaan ekonomi anda yang mumpuni atau tidak. Tapi menurut hemat saya, membeli sebuah biola itu merupakan suatu pencarian. Kita tidak akan menemukan biola yang pas hanya dengan sekali menentukan. Walaupun mungkin anda sudah nyaman dengan biola pertama anda, pasti ada beberapa bagian yang akan anda ganti atau upgrade. Misalnya senar dll. Sebagai orang yang awam, kita masih buta akan suara biola yang di idam-idamkan. Butuh proses menemukan suara yang enak di telinga anda. Alangkah sayangnya ketika biola yang kita beli dengan harga mahal dan harus dijual murah karena tidak sesuai dengan suara biola yang kita inginkan.

Jadi anda sebagai seorang pemula seperti ini harus membeli Student Violin seperti apa?

Hal pertama yang harus kalian lakukan yaitu siapkan budget yang pas dengan dompet anda. Karena setau saya harga biola student itu berkisar antara Rp. 600.000,- sampai Rp. 1.500.000,-. Ada beberapa merk terkenal yang biasa digunakan oleh pemula untuk belajar biola seperti hofner, cremona, steiner, skylark, dll. Sebagian buatan cina dan buatan eropa, ini tidak masalah karena untuk ukuran Student Violin kualitas biola cina tidak kalah dengan eropa. Sebagai pemula alangkah baiknya untuk mengajak orang yang lebih tahu tentang cara memilih biola yang tepat. Misalnya guru musik atau teman anda yang sudah memainkan biola lebih dulu. Hal ini dikarenakan biola mempunyai ukuran-ukuran tertentu dan disesuaikan dengan bentuk tubuh anda, jadi harus lebih teliti.

Semangat! πŸ™‚

Violin Private Course (for beginner)

1383810_10201629538833583_872431662_n

β€œMusik ternyata mempengaruhi perkembangan IQ (Intelligent Quotion) dan EQ (Emotional Quotion) seseorang.”

Kursus Biola dilaksanakan 1 minggu satu kali. Teacher datang ke rumah siswa. Setiap pertemuan dilaksanakan selama 45 menit. Pengajaran secara private, yaitu satu peserta didik dan seorang Teacher. Tujuannya agar pendidikan lebih bersifat intensif.

Materi menggunakan buku Suzuki. Didalamnya terdapat teori-teori dan praktik bermain biola serta bagaimana menggunakan biola yang baik dan benar. Peserta didik dimampukan memainkan lagu-lagu dengan menggunakan not balok.

Contact Person Les Biola

Ivan (Violin Instructor)

Subscribe My YouTube Channel https://goo.gl/G68Cx1

FB http://facebook.com/ivanviolin

Lokasi: Kota Malang (Jawa Timur)

118 thoughts on “MUSIC

  1. assalamu’alaikum..
    maaf kakak, mau nanya. apa kk memberi les privat biola? ada kontak yg bisa dihubungi untuk info apa tidak? makasih.. πŸ™‚

    • ada stainer, cremona, hofner yang kesemuanya itu harganya masih dibawah 1 juta, cocok untuk pemula. πŸ™‚

  2. apa benar ukuran tangan mempengaruhi biola yang harus di beli ? karna jari saya yang besar . banyak yang menyarankan memakai yang ukuran 4/4 . apa benar ?

  3. Kak, mau nanya… skylark itu bagus gak sih? Aku baca dr beberapa blog katanya kurang bagus ya? Terus merk biola yg bagus buat anak smp (ga terlalu mahal) + ukurannya apa ya? Thx

  4. Ka saya mau tanya saya punya biola skylark tapi udah rusak nah saya mau beli biola baru, kalo merk jerman apa aja ya ka?

  5. Mas.. saya udh punya biola skylark.. tapi saya suka dengan hofner as 160 Gmna tuh mnurut mas ivan biola hofner beli apa ngga?

  6. mas, saya kan pakai biola shifen udah dari 5 tahun yang lalu. terus diminta ganti sama guru ke biola yang lebih bagusan. Dari semua guru biola yang pernah ngajari aku pakai merk Cremona, Scott Cao, Hoffner, Universal. Saya bingung mau beli yang merk apa, soalnya saya butuh yang kualitasnya bagus dan bisa saya pakai sampe nanti saya udah kuliah (saya masih klas 2 sma)

  7. Mas saya punya biola skylark,kurang lbh 2 tahunan lah menurut mas biola itu bagus apa enggak? Soalnya katanya guru saya skylark sma cremona hampir sama?

  8. asss wr wb, mas Ivan Bagus,

    Sya mau memberi hadiah kepada keponakan ku , umur 9 tahun, sekarang dia pakai biola ukuran 1/2 dan sudah latihan hampir 2 tahun.

    Nah saya mau belikan biola merk Cavalier CELLO syc 90 ukuran 3/4 , mohon sarannya “ok” ngga mas

    thanks ya

    wass
    ricko sugyanto

  9. halo kak! saya tertarik buat belajar biola dan blm membeli biola. krn saya pelajar dan pk uang jajan sendiri, jd mau beli yg murahan. kira2 model cowboy sm merk vienna yg biasa suka d jual itu bgs ga? atau ada recommend tmpt musik yg bs cicilan gt? thankyou kak

  10. Ka, kalau umur 16 tahun baru mau belajar biola, bisa ga ka ?
    Recomend alat musik di sekitar jakarta yang trusted dong ka. Masih awam banget, aku ga punya kenalan yang ngerti biola.
    Thanks before πŸ™‚

  11. Kalo merk yamada tuh bagus gak sih
    Kalo mau milih biola tug yg pertama di perhatikan apanya dulu sih
    Tolong kasih tau yah

  12. Aku di belikan org tua biola merk harrier bang, hrg 950 ribu. Utk pemula bagus ? Hrganya kemahalan apa pas emang segitu ? makasih, salam seniman !

  13. Aku di belikan org tua biola merk harrier bang, hrg 950 ribu. Utk pemula bagus ? Hrganya kemahalan apa pas emang segitu ? makasih, salam seniman ! …

  14. mas ivan , mau tanya punya kenalan privat biola di makassar yah ?? klau punya bisa d berikan kontaknya ?? trima kasih

  15. Assalamualaikum
    saya mau beli biola nih, mas ivan…kalo umur 22thn pake biola yg ukuran brp?
    coz,saya masih awal dan mau belajar. recomended merk dari mas ivan merk apa nih biolanya?
    coz,saya belum tau kualitas biola yg utk pemula dan profesional.

  16. Kak aku mau tanya aku mau beli biola hofner putih umurku 10 hampir 11 cocok nya pakai ukuran apa dan harganya berapa

  17. Mas,mau nanya nih biola merk gatepollo itu bagus ga dibanding hofner atau merk yg direkomendasikan dgn budget 1,5 apa ya mas? Tk

  18. ka aku mau nanya, aku udah krng lbih sudah lama main biola, trus biola yg aku pake biola yg buat pemula, rencananya pengen ganti biola yg lebih berkualitas tp rata” yg di jual di kota ku biola buat pemula, kalo pesan online takutnya gk sesuai jd hrs gmn?

  19. bang,, ane ane mau beli biola,, tapi cuma ada merek vienna,, itu pun harganya Rp. 1 jt… menurut abang, bagus apa nggak tuh?
    tolong bang,, di Reply.. makasih

  20. jual francesco cervini cremona H-500 4/4
    kondisi 95% bagus include case nya. jika berminat hub. 081223477423, atau cek penampakan di buka lapak

  21. mas mau tanya kalau orang dewasa (ukuran badanya standar orang dewasa) belajar pakai yang ukuran 3/4 itu nanti mempengaruhi proses belajarnya tidak ya? lebih bagusnya bagaimana? pakai yang 3/4 apa 4/4? terima kasih

  22. mas mau tanyakan biola anak qu senar nya mau qu ganti biar suaranya gbegitu cempreng lagi merk biolanya stainer. kalo qu belikan senar dominant synteticcore bagus g ya?? makasih sebelum nya

  23. Kak…
    Sy mau belikan biola untuk anak sy kelas 1 SMA, pilihan nya cuma ada 2, Vienna dan Cowboy. Aku bingung pilih yg mana yah kak, sarannya dong kak… Terima kasih

  24. kk mau tanya biola 4/4 yamada 675.000 itu udah cocok belom harga nya? kenapa jarang aku nemu merek yamada boleh minta pendapat nya

  25. Ka Ivan mau tanya kalo Vienna sama cavaliers bagus mana ya?
    Kalo disuruh milih mending beli vienna atau cavaliers?

  26. Mas klo yg buat pemula trus jari-jari nya kecil tpi badan’a gede itu lebih baik pake merk apa dan ukuran brp ? Tq

  27. Kak, aku kls 1 SMA rekomendasiin dong ka biola untuk pemula yg slowbudget dan ukuran nya apa ya 4/4 cocok kah?
    makasih kak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s